TOUR DE FRANCE PADA TAHUN 2026 AKAN MEMULAI BALAPAN DARI BARCELONA

Tour de France 2026 akan memulai balapan dari Barcelona, menurut laporan AFP pada Rabu. ASO, penyelenggara acara tersebut, menyebutkan bahwa ini akan menjadi ketiga kalinya dalam lebih dari satu abad balapan bahwa ajang sepanjang 21 hari ini dimulai di Spanyol.

Ini juga merupakan Grand Depart keempat di luar negeri dalam lima tahun terakhir, setelah Kopenhagen pada 2022, Bilbao pada 2023, dan Florence yang akan memulai edisi 2024 pada 29 Juni.

Pembalap Jumbo-Visma asal Denmark Jonas Vingegaard mengangkat sepedanya di podium setelah memenangi etape terakhir Tour de France edisi ke-110, sepanjang 115 km antara Saint-Quentin-en-Yvelines dan Champs-Elysees di Paris, 23 Juli 2023.

Walikota Barcelona, Jaume Collboni, turut hadir dalam pengumuman tersebut, sambil mengungkapkan rencana untuk meresmikan Katedral Sagrada Familia yang direnovasi pada tahun yang sama.

Direktur ASO, Christian Prudhomme, menegaskan komitmen Tour de France untuk menghormati akar tradisionalnya dengan kunjungan ke kota-kota kecil dan desa-desa, sambil menyambut baik pilihan Barcelona sebagai tuan rumah untuk 2026.

Prudhomme menjelaskan bahwa dua etape penuh akan berlangsung di Catalonia, dengan etape ketiga yang juga akan dimulai di sana sebelum berlanjut ke Prancis. Dia menyatakan antusiasmenya dengan platform yang ditawarkan Barcelona untuk memberikan pengalaman yang unik dalam edisi mendatang.

“Grand Depart seperti ini membuat Tour de France semakin istimewa,” ujar Prudhomme.

Leave a Comment