DUA PERENANG INDONESIA BERHASIL LOLOS KE OLIMPIADE PARIS 2024

Dua atlet renang Indonesia, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani, berhasil mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 melalui jalur kuota universality place.

Perenang Indonesia Joe Aditya Wijaya Kurniawan

“Indonesia kembali menambah jumlah kontingen di Olimpiade Paris 2024. Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani menjadi wakil Indonesia dari cabang olahraga renang melalui kuota universality place,” ungkap Komite Olimpiade Indonesia (KOI) lewat keterangan resmi di akun Instagram @noc.indonesia pada Senin (1/7).

Kedua atlet tersebut dipastikan berpartisipasi dalam ajang olahraga tertinggi dunia di Paris tanpa melalui jalur kualifikasi, melainkan melalui kuota universality place.

Kuota universality place atau atlet yang tidak lolos kualifikasi adalah sistem kualifikasi yang diterapkan oleh federasi olahraga internasional, yang memungkinkan Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang gagal meloloskan atletnya dalam salah satu cabang olahraga Olimpiade untuk mengajukan satu atlet putra dan putri peringkat tertinggi agar dapat tampil di Paris.

Keberhasilan Joe dan Azzahra menambah jumlah sementara atlet Indonesia yang berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 menjadi 29 orang.

Leave a Comment