WAKIL KETUA MPR MENYATAKAN BAHWA SUDAH SEHARUSNYA GENERASI MUDA BERPERAN AKTIF DI BIDANG POLITIK

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan pentingnya keterlibatan aktif generasi muda dalam politik untuk memastikan manfaat dan masa depan yang terjamin bagi mereka.

Dalam sebuah rilis resmi yang diterima di Jakarta, HNW mengatakan bahwa generasi muda harus terlibat dalam dunia politik agar dapat mempengaruhi tatanan kehidupan yang ada demi kebaikan mereka sendiri. Hal ini disampaikannya dalam acara Studium Generale Academia Politica dengan tema Akselerasi Kesadaran Berpolitik Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA), Jakarta Timur.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam Studium Generale Academia Politica dengan tema “Akselerasi Kesadaran Berpolitik Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Guna Menghadapi Tantangan Kebangsaan” di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA), Jakarta Timur, Jumat (21/6/2024).

Menurut HNW, ketika generasi muda tidak berpartisipasi dalam politik, mereka akan terpinggirkan dalam proses pembuatan aturan-aturan kehidupan negara yang tidak selalu mengakomodasi kepentingan mereka. Namun demikian, ia menekankan bahwa keterlibatan dalam politik tidak hanya terbatas pada menjadi pengurus, anggota, atau aktivis partai politik, melainkan juga mencakup pemahaman akan peran politik dalam konteks ideologi dan sejarah Muhammadiyah.

HNW mencontohkan bahwa keterlibatan politik generasi muda mencakup kepedulian terhadap masalah nasional, persiapan moral dan intelektual, serta respons positif terhadap perkembangan dalam semua aspek kehidupan bernegara. Dia juga mengingatkan bahwa generasi muda memiliki tanggung jawab untuk mengawasi kebijakan publik yang berpotensi merugikan masyarakat, dengan cara yang sesuai dengan prinsip Muhammadiyah.

HNW menyoroti bahwa Indonesia sebagai negara demokratis memberikan kesempatan luas bagi siapa saja untuk terlibat dalam politik, namun keterbukaan ini juga memerlukan perlindungan agar politik tidak mengancam masa depan generasi muda. Dia mendorong generasi muda untuk memanfaatkan potensi dan peluang mereka dengan bijak, serta membangun kolaborasi positif untuk mengatasi tantangan masa depan yang kompleks. Secara keseluruhan, HNW mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam politik dengan cara yang bertanggung jawab dan konstruktif, sesuai dengan nilai-nilai historis dan ideologis yang dijunjung tinggi oleh Muhammadiyah.

Leave a Comment