PENGHARGAAN INDIVIDU DI IBL MENCAKUP MVP HINGGA PENGHARGAAN WASIT

Indonesia Basketball League (IBL) akan memberikan penghargaan individu kepada pemain dan ofisial pertandingan menjelang akhir musim reguler 2024. Penghargaan ini mencakup beberapa kategori untuk pemain, pelatih, dan wasit.

Manajemen IBL akan menghitung dan mengumumkan nominasi untuk penghargaan ini. Menurut situs resmi IBL di Jakarta, Senin, kategori penghargaan untuk pemain termasuk IBL League MVP, IBL Local MVP, IBL Rookie of The Year, IBL Defensive Player of The Year, IBL Most Improved Player, dan IBL Sixthman of The Year. Selain itu, ada penghargaan Coach of The Year dan Referee of The Year untuk pelatih dan wasit.

Pebasket Pelita Jaya Jakarta Vincent Kosasih (kedua kanan) berebut bola dengan pebasket Bali United Basketball Rico Aditya (kanan), Ryan Taylor Batte (kiri) dan Gede Elgi Wimbardi (kedua kiri) saat pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Minggu (30/6/2024).

Kategori IBL League MVP melibatkan semua pemain, baik lokal, asing, naturalisasi, maupun keturunan. Mereka dinilai berdasarkan statistik seperti poin, assist, rebound per pertandingan, dan efisiensi, serta perilaku selama musim.

IBL Local MVP adalah penghargaan untuk pemain lokal terbaik dengan penilaian yang sama dengan League MVP, termasuk sikap dan perilaku di lapangan.

IBL Rookie of The Year diberikan kepada pemain debutan terbaik berdasarkan statistik seperti poin, assist, rebound, dan efisiensi. Kategori ini memiliki lima nominasi.

IBL Defensive Player of The Year diberikan kepada pemain defensif lokal terbaik berdasarkan statistik pertahanan dan Net Rating tim. Kategori ini juga memiliki lima nominasi.

Most Improved Player adalah penghargaan untuk pemain lokal yang menunjukkan peningkatan statistik dari musim sebelumnya. Kategori ini juga memiliki lima nominasi.

IBL Sixthman of The Year diberikan kepada pemain lokal terbaik yang bermain dari bangku cadangan, dinilai berdasarkan statistik dan menit bermain di luar lima pemain utama.

Coach of The Year dipilih dari semua pelatih klub berdasarkan Net Rating tim, jumlah pertandingan, konsistensi tim, peningkatan performa tim, dan persentase kemenangan. Tiga pelatih akan menjadi nominasi untuk kategori ini.

Referee of The Year akan diberikan kepada lima wasit yang dinilai berdasarkan performa selama musim reguler oleh penilai pertandingan, Perbasi, dan IBL.

Setelah nominasi ditetapkan, proses selanjutnya adalah voting oleh individu atau kelompok yang memiliki latar belakang, keahlian, dan pengetahuan tentang IBL 2024. Voting untuk pemain dilakukan oleh kepala pelatih dan media, sedangkan untuk pelatih oleh media. Peserta voting termasuk 14 kepala pelatih dari tim kontestan liga dan 10 perwakilan media atau analis bola basket.

Tahap ini dimulai pada 9 Juli 2024, dengan distribusi penilaian nominasi dan pengumuman kandidat. Peserta voting memiliki satu hari untuk memilih, dan pemenang diumumkan pada 11 Juli 2024, bertepatan dengan hari pertama Playoff IBL 2024.

Leave a Comment