MAX VERSTAPPEN TETAP OPTIMIS MESKI GAGAL MEREBUT POLE POSITION DI GRAND PRIX SPANYOL

Max Verstappen mungkin gagal meraih pole position untuk Grand Prix Spanyol, yang berhasil direbut oleh Lando Norris. Namun, pembalap Red Bull ini tetap optimis menjelang balapan pada hari Minggu.

Sementara itu, rekan setimnya, Sergio Perez, akan memulai dari posisi P11 setelah mengalami kualifikasi yang sulit.

Max Verstappen kalah tipis dari Lando Norris untuk posisi pole di Grand Prix Spanyol, tetapi tetap optimis menghadapi balapan hari Minggu.

Verstappen tidak berhasil memuncaki sesi latihan di Barcelona karena kesulitan menemukan keseimbangan yang tepat pada mobil RB20-nya. Meski begitu, ia menunjukkan peningkatan dalam kualifikasi, menjadi yang tercepat di Q2 dan tampil kuat di Q3.

Dalam putaran terakhir Q3, Verstappen kalah dari Lando Norris dari McLaren dengan selisih hanya 0.020 detik. Namun, Verstappen tetap positif dengan perubahan yang terjadi.

“Saya merasa kualifikasi berjalan lebih baik dibandingkan latihan,” kata Verstappen. “Kami terus mencari keseimbangan yang tepat sepanjang akhir pekan, karena semua sesi latihan sangat sulit.”

“Saya cukup senang dengan hasil kualifikasi ini; bahkan di Q3, saya mendapat dorongan kecil dari Checo [Perez] menuju Tikungan 1 untuk memaksimalkan segalanya, tetapi sayangnya itu tidak cukup. Namun demikian, saya pikir secara keseluruhan kami masih bisa sangat bahagia dengan performa ini di kualifikasi. Besok segalanya masih bisa terjadi.”

Verstappen belum lagi meraih posisi pole sejak Imola, setelah sebelumnya memimpin tujuh kali pole pada musim 2024. Ditanya apakah ia lebih suka meraih pole dengan mudah atau dalam persaingan ketat, Verstappen menjawab: “Meraih pole tidak pernah benar-benar mudah, karena Anda selalu berjuang dengan diri sendiri.”

“Dengan lebih banyak tim yang bersaing, itu baik untuk Formula 1 secara umum, dan tentu saja ketika persaingan begitu ketat untuk posisi pole, itu selalu menyenangkan.”

Sebaliknya, Sergio Perez mengalami kualifikasi yang sulit, dan dengan hukuman grid tiga tempat dari Kanada, ia akan memulai dari posisi P11. Ini merupakan penampilan Q3 pertamanya sejak Miami.

“Agak sulit,” kata Perez, yang kontraknya diperpanjang di Red Bull menjelang Grand Prix Kanada. “Kami mengalami kesulitan pada awalnya. Kami menggunakan ban terlalu cepat dan sayangnya tidak bisa menyatukannya saat penting, yaitu di Q3 – putaran saya tidak sebersih yang saya butuhkan, jadi sayangnya, tidak cukup ritme, tidak cukup kecepatan.” “Kami memulai dari P11, jadi ini akan menjadi balapan yang sulit dari sana. Dengan hukuman ini, posisi P11 cukup sulit,” tambahnya. “Kami akan berusaha keras untuk melalui balapan ini. Jika kami bisa mendapatkan beberapa poin, itu akan menjadi prestasi luar biasa dari seluruh tim.”

Leave a Comment