INDONESIA JUARA UMUM ASEAN UNIVERSITY GAMES 2024

Kontingen Indonesia berhasil meraih gelar juara umum pada ASEAN University Games (AUG) ke-21 tahun 2024 dengan mengumpulkan 126 medali emas, 97 perak, dan 71 perunggu.

Kontingen Indonesia melakukan defile saat pembukaan ASEAN University Games (AUG) 2024 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/7/2024) malam.

Del Asri, Ketua Kontingen Mahasiswa Indonesia, mengungkapkan rasa syukurnya karena berhasil mencapai target juara umum dan juga mencatatkan rekor baru dalam sejarah AUG. Ia berterima kasih kepada atlet, pelatih, serta semua pihak terkait, termasuk Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Suharti, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, mengapresiasi penampilan gemilang Kontingen Mahasiswa Indonesia di AUG 2024 Surabaya-Malang. Ia menekankan pentingnya prestasi yang telah diraih serta kerja sama yang baik antara negara-negara ASEAN dalam penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Prof Mohd Ruslim Mohammed, Presiden ASEAN University Sport Council (AUSC), menyatakan bahwa penyelenggaraan AUG 2024 di Indonesia dapat dijadikan sebagai tolok ukur bagi negara tuan rumah di masa mendatang. Ia menyoroti keberhasilan Indonesia dalam melibatkan sembilan universitas dari dua kota, Surabaya dan Malang, untuk menjadi venue dalam berbagai cabang olahraga, serta peningkatan partisipasi dari semua negara ASEAN dalam setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

Leave a Comment