MENURUT SURVEI INDIKATOR POLITIK INDONESIA, IMAM BUDI HARTONO MENDUDUKI PERINGKAT TERTINGGI

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia melakukan studi untuk menilai popularitas dan elektabilitas bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok 2024. Hasil survei menunjukkan bahwa Imam Budi Hartono merupakan yang paling populer dan memiliki elektabilitas tertinggi, dengan dukungan mencapai 62,8 persen.

Bakal calon Wali Kota Depok dari PKS Imam Budi Hartono

Menurut Bawono Kumoro dari Indikator Politik Indonesia, survei tersebut mengidentifikasi delapan nama lain yang juga memiliki popularitas di atas 30 persen, termasuk Elly Farida, Pradi Supriatna, Babai Suhaimi, Ririn Farabi A Rafiq, Farabi El Fouz, Nuroji, dan Supian Suri.

Meskipun popularitas adalah faktor penting dalam politik elektoral, Bawono menegaskan bahwa kecenderungan publik untuk memilih calon tertentu juga penting. Dalam simulasi berbagai skenario, Imam Budi Hartono tetap mendominasi dengan elektabilitas 21,6 persen, diikuti oleh Elly Farida dan Farabi El Fouz.

Dalam simulasi headtohead antara Imam Budi Hartono dan Farabi El Fouz, Imam Budi Hartono juga mempertahankan keunggulan elektabilitasnya dengan dukungan 43,2 persen dibandingkan dengan 18,5 persen untuk Farabi El Fouz.

Survei dilakukan pada periode 1422 Mei 2024 terhadap 400 responden di Depok yang memiliki hak pilih, dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Leave a Comment