EDIN TERZIC MENGUNDURKAN DIRI POSISINYA SEBAGAI PELATIH BORUSSIA DORTMUND

Pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic, memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya kurang dari dua minggu setelah kekalahan mereka dari Real Madrid di final Liga Champions.

Setelah kekalahan di Wembley, Terzic meminta pertemuan dengan manajemen klub untuk menyampaikan pengunduran dirinya, yang kemudian diterima oleh Dortmund.

Pelatih Borussia Dortmund Edin Terzic.

“Dalam pertemuan tersebut, saya menjelaskan bahwa setelah sembilan tahun bersama BVB, termasuk enam tahun sebagai staf pelatih dan dua setengah tahun sebagai pelatih kepala, saya merasa sudah waktunya bagi klub untuk memulai era baru dengan pelatih baru,” kata Terzic dalam pernyataan resmi klub yang dilansir BBC.

“Keputusan ini sangat sulit bagi saya dan membutuhkan banyak pertimbangan selama beberapa minggu terakhir. Namun, setelah diskusi yang mendalam, perasaan saya tetap tidak berubah,” lanjutnya.

Menurut media Jerman, mantan pemain Dortmund yang kini menjadi asisten pelatih, Nuri Sahin, akan mengambil alih posisi tersebut untuk musim mendatang. Sahin, yang berusia 35 tahun, sebelumnya menangani Antalyaspor di Turki dan memiliki pengalaman bermain untuk Real Madrid dan Liverpool, serta meraih satu gelar Bundesliga dan satu Piala Jerman bersama Dortmund.

Pengunduran diri Terzic mengejutkan banyak pihak karena ia diharapkan untuk kembali memimpin klub setelah mencapai final Liga Champions.

Karier kepelatihan Terzic dimulai di akademi Dortmund antara tahun 2010 dan 2013 sebelum menjadi asisten Slaven Bilic di Besiktas, Turki. Dia kemudian mengikuti Bilic ke West Ham pada tahun 2015, tetapi meninggalkan klub setelah pemecatan Bilic pada November 2017.

Terzic kembali ke Dortmund sebagai asisten Lucien Favre pada tahun 2018. Setelah pemecatan Favre pada Desember 2020, Terzic ditunjuk sebagai pelatih sementara dan berhasil membawa klub meraih kemenangan di final Piala Jerman melawan RB Leipzig.

Dia kemudian menjadi direktur teknis klub sebelum ditunjuk sebagai pelatih kepala pada tahun 2022. Selama masa jabatannya, Terzic membawa Dortmund menjadi runner-up Bundesliga pada musim 2022/2023 dan finis di peringkat kelima pada musim 2023/2024.

Leave a Comment