DALLAS MAVERICKS PUPUS HARAPAN BOSTON CELTICS ULANGI KEBERHASILAN 65 TAHUN LALU

Dallas Mavericks menjaga peluang mereka untuk meraih gelar juara NBA setelah mengalahkan Boston Celtics dengan skor 122-84 pada gim 4 final NBA 2024, Sabtu (15/6) WIB di American Airlines Center. Ini merupakan kemenangan pertama mereka setelah kalah dalam tiga gim sebelumnya.

Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic

Luka Doncic, yang sebelumnya mendapat kritik keras karena pertahanannya yang lemah, berhasil bangkit dan memperkuat permainannya. Hal ini terlihat saat Mavericks unggul 34-21 di kuarter pertama. Keunggulan mereka terus bertahan di kuarter kedua dengan skor 61-35 dan semakin mendominasi di kuarter ketiga dengan mencetak 82 poin. Mavericks menutup kuarter keempat dengan tambahan 30 poin, sehingga menang 122-84 atas Celtics.

“Kami harus bermain sebaik mungkin atau kami akan pulang lebih awal. Saya pikir tim telah melakukan tugasnya dengan baik dengan tidak terlalu tertekan dan bermain seperti sebelumnya. Kami sudah bermain baik dalam tiga pertandingan pertama, hanya saja belum bisa memanfaatkannya,” kata pelatih Mavericks, Jason Kidd.

Margin 38 poin ini adalah yang terbesar ketiga dalam sejarah final NBA, di belakang kemenangan Chicago atas Utah 96-54 pada 1998 dan kemenangan Celtics atas Los Angeles Lakers 131-92 pada 2008.

Luka Doncic mencetak poin terbanyak untuk Mavericks dengan 29 poin, lima assist, dan lima rebound, diikuti oleh Kyrie Irving dengan 21 poin.

“Kami harus bermain dengan cara yang sama di Boston. Pendukung mereka akan sangat bersemangat, jadi kami harus tetap fokus dan melakukan hal yang sama seperti hari ini,” kata Doncic setelah pertandingan.

Dari kubu Celtics, Jayson Tatum menjadi pencetak poin terbanyak dengan 15 poin, diikuti oleh Sam Hauser (14 poin) dan Payton Pritchard (11 poin).

Kekalahan ini adalah yang pertama bagi Celtics dalam lima minggu terakhir dan menghilangkan kesempatan mereka untuk mengulang kesuksesan tim 65 tahun yang lalu. Pada saat itu, Celtics menjadi tim pertama yang memenangkan final NBA dengan rekor 4-0 dalam sistem best-of-seven. Gim kelima final akan berlangsung pada Senin (17/6) atau Selasa (18/6) pagi WIB di Boston. Celtics akan berusaha memenangkan kejuaraan NBA mereka yang ke-18.

Leave a Comment