Prabowo Subianto Percayakan AHY Sebagai Menteri Koordinator dalam Kabinetnya

Yulia

Updated on:

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan dalam Kabinet Merah Putih. Jabatan ini merupakan salah satu kementerian baru yang dibentuk di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono

Sebelum menduduki posisi ini, AHY menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sejak Februari 2024 di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Latar belakang AHY berasal dari militer, dan ia juga merupakan seorang politisi yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat sejak tahun 2020. Sebagai putra Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, karier politik AHY telah menarik perhatian luas.

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (20/10) malam, tak lama setelah pelantikannya bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dalam Sidang Paripurna MPR RI. Kabinet ini terdiri dari 53 menteri dan kepala badan, serta 56 wakil menteri yang mendukung jalannya pemerintahan baru ini.

Penunjukan AHY sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan mencerminkan harapan besar terhadapnya dalam memajukan infrastruktur dan pembangunan wilayah di seluruh Indonesia.