Pelantikan Prabowo Subianto Dihadiri Wakil Presiden Tiongkok, Tanda Hubungan Diplomatik yang Kuat

Yulia

Wakil Presiden Tiongkok Han Zheng dijadwalkan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Indonesia pada Minggu, 20 Oktober 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari undangan Pemerintah Indonesia dan dilakukan dalam rangka kunjungan kenegaraan dari 19-21 Oktober 2024.

Presiden terpilih Prabowo Subianto

Dalam konferensi pers di Beijing, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Mao Ning, menyatakan bahwa kehadiran Han Zheng sebagai Utusan Khusus Presiden Xi Jinping menandakan hubungan erat dan persahabatan yang panjang antara Tiongkok dan Indonesia. Mao mengungkapkan bahwa di bawah kepemimpinan kedua negara, hubungan bilateral telah menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan memasuki tahap baru untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama.

Selama kunjungan ini, Wapres Han Zheng akan berdiskusi dengan pemimpin Indonesia mengenai hubungan bilateral dan isu-isu kepentingan bersama. Mao menegaskan bahwa Tiongkok siap untuk memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan dan berkontribusi pada modernisasi serta kemakmuran kedua negara. Pelantikan Prabowo dan Gibran akan dilaksanakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dan setelah itu, mereka dijadwalkan mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden RI periode sebelumnya, Joko Widodo.