Herindra Calon Kepala BIN: Melihat Perjalanan Karier Pengganti Budi Gunawan

Yulia

Updated on:

Muhammad Herindra telah disetujui oleh DPR RI sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), menggantikan posisi Budi Gunawan. Ia direncanakan akan dilantik bersamaan dengan pelantikan kabinet pemerintahan mendatang pada 21 Oktober. Herindra adalah salah satu tokoh yang datang ke rumah Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10), di mana beberapa tokoh diundang untuk mengisi posisi dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) M. Herindra tiba untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi I DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu(16/10/2024)

Profil Muhammad Herindra

Herindra lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 30 November 1964, dan merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal (Letjen). Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), mendampingi Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju yang dilantik pada 23 Desember 2020 oleh Presiden Joko Widodo.

Karier Militer

Setelah menamatkan pendidikan, Herindra melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) dan lulus pada 1987, di mana ia meraih penghargaan Adhi Makayasa Tri Sakti Wiratama sebagai lulusan terbaik. Karier militernya dimulai dari posisi komandan peleton, dan secara bertahap naik menjadi Komandan Resimen Sandiyudha hingga berkarier panjang di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Pada Kopassus, Herindra pernah menjabat sebagai Komandan Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor)-81, unit elit untuk memberantas terorisme.

Pada tahun 2015-2016, Herindra diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus, dan kemudian pada 2016-2017 menjabat sebagai Panglima Kodam Siliwangi. Pada 2017-2018, ia bertugas di Markas Besar (Mabes) TNI, termasuk sebagai Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Hubungan Internasional Panglima TNI. Selanjutnya, Herindra dipromosikan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Mabes TNI pada periode 2018-2020.

Setelah menjabat sebagai Irjen, Herindra diangkat sebagai Kepala Staf Umum TNI pada 21 Oktober 2020, menggantikan Letjen TNI Joni Supriyanto. Dengan pengalaman panjangnya di dunia militer dan berbagai posisi strategis yang pernah diembannya, Herindra diharapkan akan mampu menjalankan tugas sebagai Kepala BIN dengan baik.