Daftar Calon Menteri Prabowo: Mengapa Kader PDIP, PKS, dan Nasdem Tidak Terlihat?

Yulia

Hingga saat ini, daftar calon menteri Prabowo Subianto tampaknya belum mencakup kader dari PDIP, PKS, dan Partai NasDem. Hal ini terungkap dalam pertemuan yang berlangsung di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10), di mana dari total 49 tokoh yang diundang, tidak ada satu pun yang berasal dari ketiga partai tersebut.

Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada wartawan di depan rumahnya, Jakarta Selatan.

Meskipun PKS dan NasDem telah menyatakan dukungan terhadap pemerintahan mendatang yang dipimpin oleh Prabowo, serta PDIP yang juga santer diberitakan akan bergabung, kenyataannya tidak ada perwakilan dari ketiga partai tersebut yang hadir dalam pemanggilan calon menteri.

Sementara itu, Gerindra dan Golkar menjadi partai dengan jumlah calon menteri terbanyak. Setidaknya enam kader dari masing-masing partai itu dipanggil oleh Prabowo. Kader Gerindra yang hadir termasuk Prasetio Hadi, Sugiono, Fadli Zon, Maruarar Sirait, Rachmat Pambudy, dan Supratman Andi Agtas. Di sisi lain, Golkar diwakili oleh Nusron Wahid, Wihaji, Bahlil Lahadalia, Agus Gumiwang, Maman Abdurrahman, dan Airlangga Hartarto.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mengirimkan tiga perwakilan: Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Saefullah Yusuf (Gus Ipul), dan Abdul Kadir Karding. Sementara Partai Demokrat diwakili oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen Teuku Riefky Harsya, dan Iftitah Sulaiman. PAN juga hadir dengan dua wakil, yaitu Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Yandri Susanto.

Prabowo menjelaskan bahwa meskipun tidak ada kader dari PKS, mereka diwakili oleh seorang profesional. “Mungkin (usulan dari) PKS Anda tidak perhatikan karena dia seorang profesional,” ujar Prabowo setelah pertemuan.

Begitu pula, tidak ada kader dari PDIP yang dipanggil, meskipun partai tersebut sebelumnya disebut-sebut akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo. Hal yang sama juga terjadi pada kader NasDem, di mana Sekretaris Jenderal NasDem, Hermawi Taslim, mengkonfirmasi keputusan partainya untuk tidak masuk dalam kabinet.

Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Harian Partai Gerindra, menyatakan bahwa pemanggilan calon-calon menteri belum selesai dan Prabowo akan melanjutkan pemanggilan para calon menterinya pada hari ini.