Harapan China ke Piala Dunia Makin Tipis Usai Kekalahan dari Indonesia

Yulia

Peluang China untuk lolos ke Piala Dunia 2026 dilaporkan akan tertutup jika mereka kembali kalah dari Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan hidup-mati tersebut akan digelar pada Selasa (15/10) pukul 19.00 WIB di Stadion Sepak Bola Pemuda Qingdao, di mana China akan menjamu Indonesia dalam matchday keempat Grup C.

Kans China ke Piala Dunia 2026 bisa tertutup jika kalah dari Indonesia.

Saat ini, China berada di posisi paling bawah klasemen Grup C setelah mengalami tiga kekalahan berturut-turut di babak ketiga kualifikasi: dihancurkan Jepang 0-7, kalah dari Arab Saudi 1-2, dan disikat Australia 1-3. Kekalahan beruntun ini membuat posisi mereka di Piala Dunia 2026 menjadi terancam, dengan media China Nianzhou menyatakan bahwa kekalahan dari Indonesia akan menghilangkan harapan mereka untuk lolos.

China dan Indonesia sama-sama mengincar peringkat ketiga dan keempat di grup untuk memperoleh tiket playoff menuju Piala Dunia 2026. Namun, jika China kembali kalah, peluang mereka hampir dipastikan tertutup. Sementara, meski menang melawan Indonesia, China diperkirakan masih akan berada di dasar klasemen karena defisit selisih gol yang cukup besar dibandingkan dengan Skuad Garuda. Jika China berharap untuk naik dari posisi juru kunci, mereka diklaim membutuhkan kemenangan telak setidaknya 10-0 melawan Indonesia, yang tentu saja menjadi tantangan berat bagi Branko Ivankovic dan anak asuhnya. Pertandingan ini akan menjadi penentu apakah China masih memiliki peluang untuk melaju atau harus mengucapkan selamat tinggal lebih awal dari kompetisi kualifikasi.