Momen Bersejarah: Presiden Jokowi Mendarat Perdana di Bandara IKN

Yulia

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan untuk melakukan pendaratan perdana di **Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN)**, Kalimantan Timur, pada Selasa siang. Pendaratan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja setelah Presiden meresmikan **Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR)** milik PT Borneo Alumina Indonesia di Mempawah, Kalimantan Barat.

Rekaman layar dari video yang diterima ANTARA dalam uji coba pendaratan pesawat milik TNI AU di landasan pacu Bandara VVIP IKN.

Menurut **Yusuf Permana**, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi akan terbang menggunakan **Pesawat Kepresidenan RJ85** dari Pontianak menuju Bandara IKN. Pendaratan ini akan menandai uji coba pertama bandara baru tersebut sebelum digunakan untuk aktivitas kepresidenan.

Sebelumnya, **Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)**, Basuki Hadimuljono, menyebutkan bahwa Bandara IKN akan diuji coba dengan pendaratan pesawat RJ-85, yang akan menjadi langkah penting dalam mempersiapkan bandara untuk melayani Presiden dan aktivitas penerbangan lainnya. Setelah tes pendaratan berhasil, **Pesawat Kepresidenan Indonesia-1** dapat digunakan untuk kunjungan resmi dari Bandara IKN. Selain agenda pendaratan di IKN, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara hingga tanggal **19 Oktober 2024**, satu hari sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, **Prabowo Subianto** dan **Gibran Rakabuming Raka**. Selama periode ini, Presiden Jokowi tetap akan melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah di Indonesia. Pendaratan di Bandara IKN ini menjadi simbol penting dalam perkembangan infrastruktur ibu kota baru dan kesiapan fasilitas publik untuk mendukung operasional pemerintahan.