ITF M15 Bali: Nathan Barki Berjaya di Nomor Ganda

Yulia

Updated on:

Petenis muda Indonesia, Nathan Anthony Barki, berhasil memenangkan sektor ganda pada seri terakhir Amman Mineral Men’s World Tennis Championship yang berlangsung di Bali National Tennis Center, The Nusa Dua, Bali. Nathan, yang berpasangan dengan petenis Australia Blake Ellis, mengalahkan unggulan kedua asal Jepang, Tomohiro Masabayashi dan Taiyo Yamanaka, dengan skor 3-6, 7-6(4), 10-8 dalam pertandingan yang berlangsung sengit pada Sabtu.

Petenis muda Indonesia Nathan Anthony Barki (kir) bersama pasangannya petenis Australia Blake Ellis (kanan) berpose bersama dengan trofi setelah memenangi seri keempat Amman Mineral Men’s Word Tennis Championship di Bali National Tennis Center, The Nusa Dua, Sabtu (21/9/2024).

Nathan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para suporter yang dinilainya sangat membantu mereka meraih kemenangan. “Sorak-sorai mereka sangat mendukung kami. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari bermain di hadapan suporter seperti mereka,” ujar Nathan dalam keterangan tertulisnya.

Pertandingan memanas sejak awal, dengan kedua pasangan saling mencuri break point dalam empat gim pertama. Meskipun unggul lebih dulu, Nathan dan Blake sempat kehilangan set pertama karena unforced error dan performa kuat dari lawan mereka. Namun, pada set kedua, Nathan dan Blake berhasil bangkit, memaksakan tie-break yang mereka menangkan, membawa pertandingan ke super tie-break di set ketiga.

Dalam super tie-break, Nathan dan Blake yang sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, kembali mendominasi, memastikan kemenangan mereka dan mengklaim gelar juara. Bagi Nathan, ini adalah gelar keempatnya di Pulau Dewata, yang membuat peringkatnya melonjak ke sekitar 1200-an dunia dari sebelumnya.

Nathan, yang kini berusia 19 tahun, masih bertekad untuk kembali ke peringkat tertingginya di posisi 400-an dunia. “Setelah ini, aku akan kembali ke kampus. Senin depan sudah mulai kelas, jadi aku akan menikmati momen ini bersama keluarga, teman-teman, dan tentu saja, Blake,” kata Nathan. Blake sendiri akan melanjutkan tur tenisnya ke Thailand untuk bermain di ajang Bangkok Challenger.

Selain itu, dalam sektor tunggal, unggulan keempat dari Amerika Serikat, Andre Ilagan, meraih gelar ketiganya setelah mengalahkan unggulan ketiga asal Ukraina, Yuri Dzhavakian, dengan skor 6-4, 7-5 pada final sektor tunggal seri keempat Amman Mineral Men’s World Tennis Championship.