Nomor Longboard: Dua Surfer Aceh Catat Nilai Tertinggi

Yulia

Dua peselancar asal Aceh yang berlaga di nomor Longboard berhasil mencatatkan skor tertinggi dalam pertandingan perdana cabang olahraga selancar ombak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, yang digelar di Pantai Riting, Aceh Besar, Selasa.

Seorang atlet menunjukkan kemampuannya dalam pertandingan selancar ombak PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Pantai Riting, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar

Dhea Natasya, peselancar putri asal Aceh yang tampil di kategori Longboard putri, mencetak skor 8,67 dari 10 poin maksimal. Aksi noseride yang ia tunjukkan berhasil memukau para juri. Skor dari dua gelombangnya, yakni 7.17 dan nilai tertinggi yang diperoleh, menghasilkan total gabungan 15.85 dari 20 poin maksimal, membuatnya mencetak skor tertinggi di Divisi Longboard Wanita.

Setelah keberhasilan Dhea, peselancar pria asal Aceh, Dhany Widianto, juga tampil gemilang di Divisi Longboard Putra. Ia mencetak dua skor tinggi pada dua gelombang pertamanya, yaitu 7.83 dan 7.10, sehingga meraih total skor 14.93 dari 20 poin maksimal. Penampilan ini memastikan kedua atlet Aceh memberikan hasil terbaik dalam ajang selancar papan panjang.

Aceh menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dalam penyelenggaraan cabang olahraga selancar ombak di Pantai Riting, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar. Sebelumnya, olahraga ini hanya menjadi eksibisi di PON Papua.

Pertandingan selancar PON XXI dijadwalkan berlangsung dari 10 hingga 14 September 2024, dengan partisipasi 14 provinsi yang berkompetisi di lima nomor, yakni Men’s Shortboard, Women’s Shortboard, Men’s Longboard, Women’s Longboard, dan Aerial.

Sebanyak 49 atlet dari berbagai provinsi di Indonesia akan bersaing memperebutkan lima medali emas di ajang ini.