PON XXI Dimulai: Presiden dan Ibu Negara Kunjungi Aceh untuk Pembukaan

Yulia

Pada hari Senin, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berangkat menuju Provinsi Aceh untuk meresmikan berbagai proyek infrastruktur dan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat akan bertolak menuju Aceh dari Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (9/9/2024).

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang mengangkut Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, sekitar pukul 08.00 WITA.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXX di Samarinda pada malam Minggu, 8 September.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kabupaten Aceh Besar, Presiden dijadwalkan langsung menuju Gerbang Tol Baitussalam untuk meresmikan beberapa ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh.

Setelah itu, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Stadion H. Dimurthala di Kota Banda Aceh untuk meresmikan rehabilitasi dan renovasi venue-venue yang akan digunakan dalam PON XXI. Setelah peresmian tersebut, mereka akan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin di Kota Banda Aceh untuk mengecek fasilitas dan pelayanan kesehatan di sana.

Pada malam hari, Presiden Jokowi dan Ibu Negara dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan PON XXI Tahun 2024 yang akan dilangsungkan di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh.

Usai acara, Presiden dan rombongan akan menuju Provinsi Sumatera Utara untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja mereka. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam perjalanan menuju Aceh adalah Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin serta Pelaksana Harian Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.